-
19 Desember 2020 1:37 pm

Ngegame bisa bikin lu motion sickness ?

Ngegame bisa bikin lu motion sickness ?
Ngegame gak jarang bikin lu lupa makan bahkan lupa kalo lu belum tidur selama 3 hari 3 malem alhasil badan lu jadi ambruk dan gak jadi ikut turnamen. Mungkin secara gak sadar lu pernah ngerasain mual bahkan sampai muntah karena saking kelamaan nge-push level seharian. Nah, itu tuh yang kata pakar kesehatan bilang Motion Sickness alias kondisi terjadinya ketidakselarasan kerja antara sistem penglihatan, sistem keseimbangan, dan sistem raba sentuh dalam tubuh lu. Gejala yang paling sering muncul itu kaya pusing tujuh keliling, mual, dan muntah.

Umumnya, Motion sickness itu adalah istilah kalo lu ngalamin mabuk perjalanan ato ketika lu abis maen wahana di Dufan misalnya, lu tau sendiri kalo yang imunnya lemah bakalan langsung tepar saat itu juga apalagi kalo terjadi sama ibu hamil dan anak-anak 2-12 tahun yang punya gangguan telinga bagian dalam resikonya justru lebih besar.

Terus hubungan Motion sickness sama nge-game apaan?

-
Jadi, beberapa fakta ngebuktiin kalo motion sickness yang timbul gegara ngegame itu terjadi akibat terputusnya informasi yang diterima otak dan ngakibatin terjadinya perbedaan antara yang dilihat sama yang dirasakan tubuh lu.

Contohnya ketika lu berpersepsi bahwa lu lagi keracunan padahal kenyataannya gak begitu, hal tersebut karena lu berpersepsi atas dasar sesuatu yang lagi lu liat aja bukan yang lu rasain. Ketika lu tetep maksain buat lanjutin level berikutnya dengan keadaan motion sickness, bisa-bisa lu kehilangan keseimbangan tubuh lu dan berakhir dengan rasa mual pengen muntah.

Emang game apa yang bisa nimbulin motion sickness ?

Ada sebuah studi yang dirilis di jurnal “Human Factors” yang mana isinya meneliti gamer PS, Xbox, dan Wii yang nge-game sambil berdiri sama sambil duduk selama 50 menit. Dari hasil penelitian tersebut ngebuktiin kalo 90% gamer yang nge-game sambil berdiri cenderung mengalami mual dan pusing akibat motion sickness. Sementara gamer yang nge-game sambil duduk ada 59% yang ngalamin motion sickness.

Sebenarnya tergantung jenis game nya juga sih, kalo game yang dimaenin lebih banyak pergerakan, maka gejala motion sickness yang bakal ditimbulin juga bakal cukup parah apalagi kalo nge-gamenya sambil berdiri.

Motion sickness tuh bisa sembuh kaga sih?

-
Motion sickness bisa hilang kalo lu bisa nge-manage waktu ngegame lu dengan baik. Jangan lupa buat lakuin metode 20-20-20, duduk lebih jauh dari layar PC dan sesuaikan jarak pandang lu kalo nge-game on gadget, dan yang terpenting pake kacamata gaming juga biar mata lu tetap terlindungi dari sinar biru gadget ato PC sekaligus ngebantu buat ngurangin gejala motion sickness yang bakalan muncul.

Tips tambahan buat lu biar tercegah dari motion sickness pas nge-game:
  • Sesuaikan tingkat brightness layar dan ruangan lu, jangan terlalu terang maupun ruangan yang terlalu gelap.
  • Nge-game dengan frame rate per second (FPS) yang stabil.
  • Nonaktifin motion blur dan depth of field serta efek stabilizer supaya stabil.
So, ketika lu nyaris kebablasan nge-game lu harus reminding diri lu sendiri karena kalo orang lain belum tentu peduli sama lu Bosque :D Biar gak motion sickness, cobain nih kacamata gaming Seenergy di www.seenergy.id.
Blog Post Lainnya
dibuat denganberdu
@2024 Seenergy Glasses Inc.