-
18 Mei 2020 1:10 pm

Fakta Tentang Sinar Biru yang Harus Lu Tahu

Fakta Tentang Sinar Biru yang Harus Lu Tahu
Blue Light atau sinar biru termasuk kedalam golongan High Energy Visible light (HEV Light) yaitu sinar tampak yang punya panjang gelombang yang pendek sekitar 415Nm sampai 455Nm, juga punya tingkat energi yang tinggi. Sumber utama dari sinar biru sendiri adalah dari matahari. Selain matahari sinar biru juga banyak bersumber dari perangkat digital seperti layar komputer, televisi, smartphone dan perangkat elektronik sejenis yang bisa ningkatin keterangan dan kejelasan layar. Sumber lain nya juga ada dari beberapa jenis pencahayaan modern seperti lampu LED (Light Emitting Diode) dan CFL (Compact Fluorescent lamps) juga ngehasilin energi sinar biru yang cukup tinggi.

Terus emang apa bahayanya sinar biru buat mata ?


Faktanya sinar biru jadi salah satu penyebab kerusakan mata yang bernama AMD (Aged Macula Degenerations), yaitu kerusakan mata pada bagian makula yang nantinya bisa bikin bagian retina di mata juga ikut rusak, yang berakhir bisa nyebabin kebutaan pada mata. Bahaya jangka pendek dari paparan sinar biru juga bisa bikin stress mata, mata lelah dan berair. Apalagi di zaman sekarang yang semuanya serba digital membuat kita ga lepas dari aktivitas depan layar. Terlebih kalu pemnggunanaan perangkat digital ini dilakukan dimalam hari atau di ruangan yg kurang pencahayaan nya. Selain itu produktivitas juga jadi menurun karena gangguan si sinar biru ini.


Terus kalau udah tau bahanya kita harus ngapain nih ?


Paparan sinar biru berbahaya ini, bisa kita antisipasi resiko nya dengan cara-cara yg cukup sederhana. Pertama lu bisa praktikin metode 20-20-20 ketika aktivitas depan layar, kaya gimana 20-20-20 itu? Yaitu istirahatkan mata setelah 20 menit menatap layar dengan cara melihat objek sejauh 20 kaki dalam waktu 20 detik. Cara lain yg lebih efektif adalah dengan kita pakai kacamata khusus untuk perlindungan dari bahay sinar biru. Dan paling peenting juga harus periksakan mata secara rutin minimla 6 bulan sekali.

Sinar biru ternyata ada manfaat nya loh ?


Loh tadi katanya bahaya, tapi sekarang ada manfaat nya ? gimana si ? Ternyata sinar biru yg selama ini kita cap berbahaya, disisi lain ada manfaaat nya juga loh, salah satu nya untuk menjaga silkus tidur, tapi tetep trerlalu berlebihan terpapar sinar biru ngga baik juga, bisa bikin mata sakit dan ga nyaman.

Jadi kesimpulanya, sinar biru ada dimana-mana, baik yg secara alami ada yaitu dari sinar matahari, dan ada juga yg dari perangkat digital yang ada disektiar kita. Peparan sinar biru yang berlebihan bisa bikin mata bersiko mengalami kerusakan bahkan kebutaan, oleh karena itu kita harus antisipasi pake langkah-langkah sederhana yg sudah dijelaskan diatas.

Biar mabar makin asyik dan nge push makin sering pake nih kacamata gaming andalan para gamers, klik disini www.seenergy.id
Blog Post Lainnya
dibuat denganberdu
@2024 Seenergy Glasses Inc.